Kunjungan kerja Setda Tanah Datar Bagian Administrasi Pembangunan, SIPD perlu dikelola ?

Keterangan Gambar : (kiri)Plt.Sekretaris Bappeda Merangin, (tengah) Kepala Bappeda Merangin, (kanan) Kabag AP Setda Tanah Datar


Kunjungan kerja Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kab. Tanah Datar sehubungan dengan Pelaksanaan SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) dan Mekanisme Penyusunan Perencanaan, Penganggaran dan Monev Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

Kedatangan mereka disambut dengan senyum semangat dan salam sehat Kepala Bappeda Kabupaten Merangin (Dr.Agus Zainuddin,S.Sos.M.Hum) dan Plt. Sekretaris (Zainal Abidin, SE, MT), serta Bagian Ekonomi, Pembangunan dan SDA Setda Kab. Merangin.

Kunjungan kerja dimaksudkan salah satunya dalam rangka  sharing implementasi SIPD, dan pengaruhnya terhadap proses perencanaan dan penggaran (APBD) TA. 2021. 
Sama-sama kita ketahui bahwa SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah. 

Mengapa SIPD harus dikelola?  

1. Mewujudkan pembangunan daerah sebagai bagian integral pembangunan nasional
2. Terhubung dengan sistem informasi pemerintah daerah sebagai bagian dari informasi yang harus disajikan kepada masyarakat
3. Bagian dari upaya pembinaan umum di bidang pembangunan daerah, khususnya terkait perencanaan dan penggaran pembangunan daerah. Tutur Kepala Bappeda Kabupaten Merangin.

Dalam diskusi juga membahas terkait implementasi monitoring dan evaluasi perencanaan dan pembangunan Daerah, dengan adanya SIPD, aplikasi Monev yg ada perlu diintegrasikan atau disesuaikan dengan aplikasi Monev yg kedepannya juga akan dibangun dalam SIPD.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.