AKSI 6 : SISTEM MANAJEMEN DATA STUNTING TAHUN 2020

Mempertajam kembali upaya penurunan Stunting terkait pelaksanaan Aksi 6 Sistem Manajemen Data Stunting. Bidang Sosial Budaya & Adm.Pemerintahan Menggelar Rapat dengan 12 OPD yang terkait erat dengan Aksi 6 Tersebut.
12 OPD yang dimaksud antara lain;
1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
2. Dinas Kesehatan
3. Dinas Sosial
4. DPMD
5. Dinas Pengendalian Penduduk & KB
6. Dinas PUPR
7. Dinas Perkim
8. Dinas Lingkungan Hidup
9. Dinas Perikanan
10. Dinas Peternakan dan Perkebunan
11. Dinas Tanaman Pangan dan Hultikultura
12. Dinas Ketahanan Pangan.

Juga hadir Bapak Rizal Efendi TAP Iney Dirjen Bangda Kemendagri Melalui Zoom Meeting untuk membahas Sistem Manajemen data Aksi 6

' Seperti kita ketahui Kabupaten Merangin telah melaksanakan Aksi Konvergensi Mulai dari Aksi 1 sampai dengan Aksi 5. Untuk aksi 6 juga sudah di sampaikan pengisian formnya kepada OPD terkait dan sudah ada beberapa OPD yang menanggapinya. (Lydia Gusmalita)

Terkait dengan pernyataan diatas Bapak Rizal Efendi dari TAP Iney Dirjen Bangda Kemendagri menanggapi bahwa secara Definisi Sistem Manajemen Data Intervensi Pencegahan Stunting adalah Tatanan pengelolahan data tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan Desa/Kelurahan yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan dan pengelolahan program/kegiatan penurunan dan pencegahan stunting.

Secara umum mendorong Pemerintah Kabupaten agar lebih peduli dengan ketersediaan data, aksebilitas data, dan kualitas data serta melakukan upaya terus menerus untuk meningkatkannya dan secara Khusus membantu Kabupaten mengindentifikasi potensi masalah yang berdampak pada kualitas data khususnya data indikator utama penurunan stunting.

Disini juga disebutkan bahwa tujuan Aksi 6 ini memperbaiki Manajemen data yaitu, Memperkuat Mekanisme dan Sistem yang sudah ada di OPD. Di aksi 6 ini kita tidak lagi membuat Aplikasi baru, kita hanya menggunakan Sistem atau data yang sudah ada di setiap OPD. Untuk Penanggung jawab dalam mengkoordinir Aksi 6 ini adalah Bappeda Kabupaten/Kota. Sementara OPD terkait akan bertanggung jawab terhadap ketersediaan data untuk masing masing kegiatan dan kegiatan aksi ini dilaksanakan sepanjang tahun.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.